Sejarah komputer

Posted: January 24, 2010 in Uncategorized

Sebenarnya computer ditemukan pada awal abad ke 20, bukan karena persoalan
Sains dan teknologi, bukan juga karena persoalan bisnis, bukan karena persoalan militer melainkan karena persoalan sensus penduduk.

Pada saat itu seorang pekerja pada biro sensus penduduk bernama Dr. Herman Hollerith, merasa prihatin karena sering terjadi data sensus yang ada belum selesai diolah. Masa sensus berikutya sudah dating lagi. Seperti diketahui pada saat itu sensus penduduk dikaitkan dengan pemilih presiden yang terjadi selama 4 tahun sekali.

Pada suatu hari, DR. Herman Hollerith tersebut menumpang kereta api menuju ke suatu tempat tertentu. Pada saat kondektur memintanya untuk memperlihatkan karcisnya dia pun menyerahkannya. Pada saat itu karcis kereta api berbentuk kartu kecil, seperti kartu domino dan untuk mengecek kehadiran penumpang kondektur akan melobangi karcis tersebut. DR Herman Hollerith memperhatikan bahwa cara pelobangan karcis tersebut mempunyai cara khusus. Kondektur akan melobangi karcis dan melihat siapa pemilik karcis itu terlebih dahulu. Setelah tahu konedktur akan melobangi karcis tersebut. Ada karcis yang dilobangi sebelah kiri atas, ada sebelah kiri bawah, ada sebelah kanan atas, ada pula sebelah kanan bawah. Rasa ingin tahu DR. Herman Hollerith membuat dia menanyakan hal tersebut. Kondektur mengaku bahwa dia melobangi berdasarkan jenis kelamin dan kedewasan pemilik karcis. Selanjutnya kondektrur itu juga engataka bahwa hal itu dilakukan atas perintah atasan untuk mensensus mpenumpang kereta api. DR. Herman Hollerith tercengang dan mendfapatkan inspirasi dari kejadian tersebut.

Sejak saat itu DR. Herma Hoolerith terus berusaha  membuat alat yang dianggapnya dapat membantunya dalam perhitungan sensus penduduk. Dia lalu menemukan cara dengan menciptakan sebentuk kartu yang terkenal denga nama kartu Hollerith. Dengan mesin elektronik yang diciptakannya, maka perhitungan kartu-kartu berlobang yang dilobangi berdasarka data seorang penduduk dapat dengan cepat selesai. Setelah beberapa tahun, mesin pelobang dan pembaca kartu Hollerith dipakai secara meluas, bahkan sampai tahun 1970-an mesin ini masih dipakai.

DR. Herman Hollerith akhirnya keluar dari Biro Sensus  Amerika serikat dan mendirikan perusahaan yang bernama Tabulating Machine Company yang pada tahun 1924 dirubah namanya menjadi International Business Machines Corporation (IBM) yang mana merupakan pabrik computer pertama di dunia.

Sepeninggal Herman Hollerith, kedudukan di Biro Sensus Amerika diganti oleh James Powers seorang ahli Statistik. Pada tahun 1905 James Power menciptakan punched card (pelobang kartu) yang lebih sempurna yang digunakan secara sukses pada sensus penduduk tahun 1910. Namun pada tahun 1911James Power, juga keluar dari biro sensus dan membangun perusahaan baru yang diberi nama Power Accounting Machine Company. Pada tahun 1927 Power bergabung dengan perusahaan lain mendirikan Remington Rand Corporation yang mana pada tahun 1955 perusahaan tersebut namanya berubah menjadi Remington Sperry Rand Corporation yang memproduksi mesin-mesin computer Univac.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s